Home » » Perbandingan Clodi Snap dan Velcro

Perbandingan Clodi Snap dan Velcro

Written By Unknown on Rabu, 03 Juli 2013 | 20.08


Apa perbedaan antara clodi perekat velcro dan perekat snap?. Diluar negeri, clodi dengan perekat snap lebih populer. Sedangkan di Indonesia menurut pengamatan kami, Produk clodi masih didominasi oleh clodi yang menggunakan perekat velcro. Di Amerika, perekat snap paling banyak diminati walau dari sisi harga tentunya lebih mahal dari pada yang menggunakan velcro. Sebagian besar alasan mereka memilihnya karena lebih awet tidak mudah rusak. Selain itu, apabila dijual kembali, akan memiliki tawaran harga yang lebih baik dari pada velcro.

Apabila bunda masih baru mencari tahu tentang keduanya, silahkan lihat dulu contoh di gambar dibawah ini:
perbandingan antara clodi velcro dan clodi snap


VELCRO
Ini adalah perekat yang umum kita jumpai bukan!. Bahasa awamnya adalah "perepet" atau "kretekan". Yang membedakan awet tidaknya velcro ini tergantung kualitas jahitan. Dan kualitas bahan yang bagus akan menunjukkan ciri merekat dengan sangat kuat.

Dalam penggunaannya, clodi dengan perekat velcro memberikan fleksibilas yang baik ketika pemasangan. fleksibel menyesuaikan ukuran kekencangannya terhadap lingkar perut bayi. Kecepatan pemasangan dengan perekat velcro adalah lebih baik dari pada perekat snap.

Namun kelemahannya adalah ketika memakai produk dengan kualitas jahitan yang kurang baik, akan cepat lepas, "brodol" karena sering ditarik ketika pelepasan popok. Kualitas perekat velcro yang baik memang seharusnya di iringi dengan kualitas jahitan. Kalau tidak begitu, maka jahitan tidak kuat menahan tarikan.

Yang kedua, ketika anak sudah mulai tumbuh dan tangannya sudah trampil, maka kadang kala anak suka memainkan popoknya dengan melepas velcro dan lepaslah popoknya (mungkin suka dengan bunyi "krek" nya). Bila anak suka begitu, segeralah pakaikan celana luar selekas popoknya terpasang (banyak bunda yang harus adu cepat dengan anaknya yang ingin melepas velcro). Tapi sepertinya ini pengalaman yang menggemaskan......

SNAP
Clodi dengan perekat snap biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari pada produk sejenis yang memakai velcro. Pemakaiannya dilakukan dengan mengancingkan snap yang tersedia berjajar. Tiap merk memiliki jumlah snap yang berbeda. Semakin banyak snap yang tersedia, semakin baik untuk memudahkan kita menyesuaikan ukurannya dengan lingkar perut bayi kita.

Kelebihan dari snap ini adalah daya rekatnya yang kuat sehingga bagi anak akan kesulitan melepasnya. Perekatnya lebih awet tahan lebih lama dalam pemakaiannya. Sedangkan kekurangannya hanya jika produk yang dibeli memiliki snap yang sedikit dan tidak rapat. Sehingga menjadi tidak fleksibel untuk ukuran  semua balita. Bila tidak pas dengan ukuran, bisa mengakibatkan popok tidak terpasang secara fix karena kedodoran atau terlalu ketat. Jika kondisinya demikian, maka pemasangan popok tidak lebih fleksibel dari pada perekat velcro.

Semoga Bermanfaat!

Bakul Clodi



Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top