Home » , » Clodi Newborn Nyaman Dan Ekonomis

Clodi Newborn Nyaman Dan Ekonomis

Written By Unknown on Selasa, 17 September 2013 | 07.02


Berikut ini kami sampaikan pembahasan terkait popok kain khusus untuk newborn yang dapat menjadi pertimbangan bunda untuk memilihnya sebagai popok kain yang NYAMAN, AMAN dan tentunya lebih EKONOMIS.

PERMASALAHAN:
Kita ketahui bahwa pada bayi newborn dibawah usia 3 bulan memiliki kecenderungan sebagai berikut;
  • Badan yang masih cukup mungil
  • Frekwensi BAB dan BAK yang cukup sering perhari
  • Konsistensi BAB yang Cair dengan Pola waktu yang tak menentu
  • Kulit yang masih sensitive rawan terkena diaper rash (ruam)

Salah satu kebutuhan buah hati kita adalah popok. Bunda dituntut untuk bisa memilihkan popok yang menjamin rasa aman dan nyaman.
Masalah Pada Popok Kain Biasa.

Popok Serap Biasa

Pada Pemakaian Popok kain konvensional, kita harus mengganti setiap kali bayi BAB atau BAK. Biasanya akan cukup melelahkan ketika terjadi dimalam hari. Selain juga akan sangat mengganggu waktu istirahat bunda dan buah hati. Basahnya popok pasti dibarengi dengan basahnya alas ompol maupun bedong. Sehingga akan menambah banyaknya pakaian yang akan dicuci. Namun bagaimanapun, popok jenis ini adalah yang paling breathable untuk kulit si kecil walau cukup melelahkan dengan banyaknya cucian.

Dari segi anggaran, popok serap biasa adalah popok yang paling murah. Hanya dengan anggaran Rp. 300rb sudah mendapat 2 lusin popok. Namun konsekuensinya bunda harus siap mengganti popok, bedong dan alas ompol tiap bayi BAK/BAB. Demikian juga cucian akan semakin banyak. Masa pemakaian popok serap biasa ini hanya sampai anak berumur 3 bulan.

Masalah Pada Popok Sekali Pakai

Tidak semua bayi cocok memakai popok sekali pakai. Banyak juga yang mengalami hipersensitifitas/alergi terhadap paparan material pospak sehingga mengakibatkan diaper rash (ruam). Selain itu, kulit bayi yang masih sensitif, menuntut bunda untuk tidak terlalu lama membiarkan popok tidak diganti. Dan juga, frekwensi BAB yang cukup sering menuntut bunda untuk segera mengganti popok dengan yang baru. Hal ini akan memiliki konsekuensi penyediaan popok yang cukup banyak yang cukup memakan ANGGARAN yang lumayan karena sifatnya sekali pakai.

Jika kebutuhan popok harian sebanyak 6 buah, dengan asumsi harga Rp. 2000/buah, maka dalam sehari anggaran yang harus dikeluarkan adalah Rp. 12.000. Maka dalam 1 bulan bunda harus menyediakan anggaran Rp. 360.000. Dalam 1 tahun menghabiskan anggaran Rp. 4 jutaan. Sedangkan selepas dipakai, pospak akan berakhir di dalam kotak sampah.


PERTIMBANGAN SOLUSI
Sekarang ada produk modern cloth diaper (clodi) sebagai pilihan inovatif dengan banyak varian model. Khusus untuk newborn yang paling cocok adalah memakai diaper cover. Berikut Kelebihannya (seperti pada merk Cluebebe Coveria Petit) :
  • Waterproof, menahan cairan tidak bocor keluar. Dapat mengurangi BEBAN CUCIAN karena penggantian alas bayi atau bedong yang kena pipis. Sangat membantu ketika dalam perjalanan.
  • Stay dry, menjaga kulit tetap kering walau pipis beberapa kali.
  • Praktis, dapat diganti hanya insert/penyerapnya saja bila cover diapernya masih bersih.
  • Nyaman, sangat membantu ketika malam hari karena bayi tidak sering-sering terbangun disebabkan popok yang basah.
Anggaran untuk popok kain modern ini tidak sampai Rp. 1 juta untuk memenuhi kebutuhan popok ini. Sedangkan masa pemakaian popok ini cukup lama sampai tidak muat dipakai. Kisarannya 8-18 bulan tergantung progres pertumbuhan masing-masing anak. Clodi dengan perawatan yang baik akan bertahan lama sehingga ketika tak terpakai lagi dapat disimpan untuk dipergunakan pada anak-anak bunda selanjutnya.

Perbandingan antara 3 jenis popok

Tips Menyediakan Popok Kain Modern untuk newborn dengan biaya yang ekonomis :
Disinilah pembahasan utamanya. Diaper Cover yang baik dan berkualitas premium, memiliki harga 67rb keatas. Apabila pemakaian 24 jam, setidaknya dibutuhkan minimal 10 buah diaper. Lima buah diaper untuk dipakai-cuci hari ini, dan 5 diaper sisanya dipakai-cuci esok harinya. Jumlah tersebut bisa kurang atau lebih, akan berbeda-beda tiap orang. Apalagi jika hanya untuk pemakaian malam saja, maka cukup 2-4 Diaper cover saja.

Kebutuhan lain yang perlu dipertimbangkan adalah penambahan persediaan insert/penyerap sehubungan dengan masih seringnya penggantian insert karena bayi BAB. Tak lupa pula perlu disediakan FLEECE LINER sebagai asesoris tambahan yang berfungsi sebagai kain pelapis popok untuk meminimalisir paparan noda secara langsung pada diaper ketika bayi BAB.

Permasalahannya adalah:
Insert clodi yang berbahan microfiber atau bamboo, membutuhkan proses pengeringan yang lebih lama dari pada jenis kain biasa (sekitar 1 hari ketika musim panas). Sedangkan penggantian popok pada newborn cukuplah sering. Banyak bunda yang terhalang untuk menyediakan insert yang banyak untuk kebutuhan si buah hati. Bisa karena factor daya beli, pertimbangan masa pemakaian yang tidak lama, atau factor lain. Sehingga tidak seimbang antara jumlah insert yang dibutuhkan dengan jumlah insert yang dimiliki.

Solusi yang bisa dipertimbangkan:

==> MENAMBAH KEBUTUHAN INSERT DENGAN MEMAKAI ALAS OMPOL<==

Insert Microfiber memiliki harga 20-30ribu/buah. Sedangkan Alas Ompol 7 ribu/lembar. Untuk daya serap tentunya jauh lebih bagus insert microfiber atau bamboo (daya tahan 4-7 jam). Walaupun demikian, newborn tidak disarankan memakai popok dalam waktu yang lama tanpa diganti. Pasti tidak tega kan buah hati tidur terlalu lama diatas beraknya??. Paparan kotoran dan kelembaban pada kulit yang masih tipis dan sensitif pada newborn sangat beresiko mengalami ruam popok, walau memakai popok kain.

 Sehingga daya serap pada alas ompol sudah SANGAT cukup untuk kebutuhan newborn yang sering berganti popok. Bahkan untuk bayi dibawah usia 1 bulan, kadang sebagian bunda hanya melapisi fleece liner saja tanpa insert (karena pee nya masih sangat sedikit).

Bunda dapat menyediakan alas ompol sebagai insert sebanyak minimal 2 lusin dengan harga yang murah. Alas ompol juga lebih cepat kering (1 jam dimusim panas) sehingga walau cucian alas ompol banyak tidak menjadi masalah.

Setelah si kecil mulai tumbuh besar, dan bisa dipakaikan clodi dengan model pocket, maka alas ompol ini dapat tetap dapat dipakai sebagai insert/penyerap popok yang fleksibel.

Cara memasang Alas Ompol pada Diaper Cover


  1. Lipat Alas Ompol sesuai ukuran lebar cover diaper
  2. Panjangnya alas ompol boleh dilipat boleh pula dibiarkan memanjang melebihi panjangnya diaper. Toh bayi hanya bisa terlentang sehingga tidak menggeser posisi insert.
  3. Tambahkan lapisan fleece liner. Karena fleece liner bersifat STAY DRY, menjaga kulit tetap kering walau di `ompoli`. Juga untuk meminimalisir paparan noda pada insert dan diaper. Noda yang menempel pada fleece liner mudah sekali dibersihkan.



  4. Pasang Diaper pada buah hati.
  5. Ganti Insert segera ketika bayi BAB.
  6. Periksa popok secara berkala tiap jam untuk mengetahui apakah bayi BAB
  7. Jika tidak kena pup, insert dapat diganti secara berkala tiap 2-3 jam.
Demikian semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi pertimbangan buat bunda atau calon bunda yang sedang menanti kelahiran si buah hati untuk menyiapkan kebutuhan popok kain yang SEHAT, NYAMAN dan tentunya EKONOMIS.

Daftar Perlengkapan Cloth Diaper For Newborn yang SEHAT, NYAMAN dan EKONOMIS:
  1. Diaper Cover
  2. Tambahan Insert =>Lebih ekonomisnya pakai alas Ompol Baby-Oz.
  3. Fleece Liner 
Kami menawarkan Pembelian Paket sampel untuk bunda coba terlebih dahulu sebelum order sebanyak yang dibutuhan. Paket sampel terdiri dari:
  • GG Lil`g= 1 pcs (harga dasar 79rb)
  • Cluebebe Petit= 1 pcs (harga dasar 75rb)
  • Alas Ompol Baby-OZ= ½ Lusin (harga dasar 42rb)
  • Fleece Liner=1 Pak isi 12 (harga dasar 60rb)

Harga paket sampel Bebas Ongkos Kirim:
  • Alamat di pulau Jawa= Rp. 256.000
  • Alamat di luar jawa= Rp. 268.000
*Pesan dan pilih warna dan motif clodi yang tersedia di KATALOG CLOTH DIAPER FOR NEWBORN
*Gunakan KUPON ="paket clodi newborn"


NB:
Perbedaan Alas Ompol Baby-Oz dengan yang ada di pasaran, Keterangan lengkap disini
Untuk belanja bebas sesuai yang diinginkan, silahkan baca promo dari kami disini


Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top